About this blog: It consists of free articles and pictures based on erwan's recent interests only (most are related to education field) and the rest are about the ongoing issues. Some are taken and linked from the source sites while the others are of his own. FYI, the links (in the side bar) are also prepared due to the needs of his job; to encourage his students to learn English via internet, to provide them with helpful sources, and gadgets, and to communicate with them as well. However, visitors from worldwide are also welcome here. Please leave your comments in any space provided to make it better and better in the days to come. Belajar bahasa itu indah Thank you.

INFO GRESS!

Mulai tahun pelajaran 2013-2014 ini saya hijrah mengajar ke kelas XII IS 1, 2 dan 3. Buat bocah rombel X kemaren yang pernah belajar bareng saya dan masuk ke kelas diatas ' I just wanna say, Hey, It's you again! and you know what? as I told you all before, E-Primbon kalian di rombel X kemarin kudu diaktifkan kembali. Well? Any problem? It's never too late to start all over again. Saat bekerja telah tiba. Ayo Semangat!
Anyway, buat bocah rombel X yang baru gabung di SMADA Tahun ini masih boleh browsing dan unduh apa aja di blog ini atawa di blog rombel X RSBI. Raw material nya di sini ato di sana.
Terimakasih. I LOVE YOU ALL.

Jumat, 20 November 2009

Mencari Bakat

Sekilas nampak piawai banget ya ni anak kecil maenin gitar.. Padahal itu cuma gaya-gaya an aja. Maklum, dapet maenan baru. Ya gitu deh anak2. Begitu excited banget mengeksplorasi tiap detil yang ada. Ga ada puas2nya. Semua tombol dipencet. Setiap dawai dicabik-cabik. Nada yang muncul pun bergonta-ganti. Apalagi ditambah lampu yg kedap-kedip. Maen terus pokoknya. Baru setelah batrenya habis, nah diem deh. Ga bising lagi. But it's Ok. Biar aja dia menikmati semua itu karena siapa tahu jadi keliatan bakatnya? Tinggal diasah kan? Orang tua mah dukung-dukung aja. Mau di bidang seni ato olahraga.. Sama baeknya. Nah, buat nostalgia masa depan, jepret dulu deh momen unik ini.. Jepret! Trus Simpen diblognya ayah. Selengkapnya Coy ......

Selasa, 17 November 2009

Wah, mulai ga bener nih..

Kalo yang begini ini patut diperhatikan para ortu.. Facebook yg sejatinya dipake sebagai jejaring sosial, pertemanan, share hal positif mengaktualisasi diri jadi salah kaprah pemanfaatannya. Sebagai pengguna FB, Saya bener2 kaget dan prihatin begitu baca dan liat foto ter upload dari remaja yang ikutan sebuah quiz di fb kali ini. Masa ada anjuran buat cara bunuh diri? Quiz apaan itu? Udah gitu ada kalimat perintah buat buktikan bahwa si pengikut quiz bukan pengecut buat bunuh diri? Saya coba kutip kalimat lengkapnya: buktikan anda bukan pengecut! Lakukan cara bunuh diri yg paling menyakitkan! Buktikan anda berani! Bayangkan betapa keras teriakan orang yg melihat mayat anda di ruangan penuh percikan darah!
Masya Allah.. Pemerintah, tolong diambil tindakan sebelum terjadi hal yang tidak diinginkan terhadap remaja-remaja kita yang notabene anggota komunitas terbesar di situs layanan jejaring sosial ini. Apakah FB ikut bersalah? Kalo ga gimana ceritanya sampe ada quiz 'sesat' kaya gitu lolos tanpa sensor? Mudah2an segera ada solusinya. Selengkapnya Coy ......

Minggu, 15 November 2009

Pulkam

Akhirnya.. Pulang juga ke Palangka. Setelah hampir sepekan home stay di Batavia di kawasan wisata kota tua Jakarta buat ngikutin workshop LMS, dapat ilmu ttg moodle dan web.exe, serta nyampein pesan kasek k salah satu staf keuangan prog.rsbi bahkan nekad nyegat langsung seorang pejabat direktorat usai penutupan perihal dana blokgren rsbi yg tak kunjung mengucur, kami pun segera berkemas karena mesti cek ot di pukul 11. Setelah makan siang kami pun segera nyari taxi buat menuju hotel laen buat nginep lg semalam. Maklum kalo te2p nginep di Batavia, ongkosnya ga cukup, hehe. Tapi ada untungnya juga sih cabut dari situ. Selaen, kata supir taxi aga2 angker karena itu gedung tua (wallahu a'lam), saya pribadi lumayan ketar-ketir ngeliat retak2 akibat gempa yang lumayan banyak di sekitar gedung.. Puas muter2 sampe malem di Mangga dua yang ga begitu jauh dari tempat nginep, pagi2 banget kami pun kembali cek ot memburu pesawat pukul 8 dan menghindari macetnya Jakarta. Ah, lega rasanya begitu Garuda lepas landas.. Perjalanan pulang memang selalu lebih menyenangkan ya. Maklum, udah kangen berat. Turun dari pesawat Eh, ada Rayani Jangkaru tuh. Hostnya Jejak petualang, yg lagi mo shoot ke Tanjung Puting. ehm, foto bareng dulu ah.. Jepret! Nah kan, penumpang yang laen baru ngeh dan mulai ikutan minta foto bareng juga deh.. Selengkapnya Coy ......

Senin, 09 November 2009

Tugas buat Rombel X2,3,dan 4 Minggu ini.

Guys maaf jd harus nitip tugas lg ke kalian coz saya sedang ikut pelatihan di Jkt.. Ga apa2 kan? Good. Ayo semangat! Tgs 1. Instruksinya: Bareng kelompok masing2 silahkan buat foto2 pake HP ato PDA ato kamera saku 3 aktifitas plus ntar dilengkapi dgn kalimat2 yg sesuai untuk, 1.present perfect, 2. past perfect, dan 3. future perfect. Jd total 3 pict. Trus kopi pastekan ke word plus tambahkan kalimat ke 3 tenses tadi. Paham? Jgn lupa nulis nama.. Trus buruan kumpul via email ke saya sblm hr jumat.
Tugas k 2 di jam bing pertemuan berikutnya, instruksi serupa dan dkumpul sebelum hari Jumat juga. Kalo lewat ketauan ko d tgl nya.. Cm kali ini tensesnya adalah simple present, simple past, dn simple future. Buat sekreatif mungkin ya.. Ok, pliz dont play around during the English class. Make me proud of you guys. Thank u and I love u full.. Selengkapnya Coy ......

Tugas Translation 2

Dear students, thank u for sending the email as required. Due to another job that makes it impossible for me to see u 2day, I'd like 2 give u all another beautiful task 2 do. As we have discussed b4 bout the 3 kinds of translating, i.e ; word 4 word, literal n free translation, I'd now like you to search 4 more samples of each (5 for each, so it becomes 15). U can combine the three if possible. Make it good and different from anyone in the class (no cheating, pliz). Just like the way u did, please send it via email to me before Friday. I'll be OL in Jkt till almost midnite 2 receive it. Remember one thing, no name.. no gain. If u understand please nod ur head... Good (hehe) Thank u n I m so sorry that I cant meet u, again, 2day. Good luck n see you.. Anyway, u still read n learn the copies, don't u? Selengkapnya Coy ......

Jumat, 06 November 2009

NILAI BING

Well, buat anak rombel X2, X3, dan X4 dipersilahken untuk memindai perolehan skor bahasa Inggrisnya selama ini di semester 1. Nilai sementara hanya diambil dari tes tiap tatap muka. Masih ada skor lain yang tidak diterakan karena data belum masuk semua. OK, Semoga info ini bermanfaat. Setidaknya jadi mawas diri ...
Selengkapnya Coy ......

Rabu, 04 November 2009

Adrenalin yang Asyik..

Cukup banyak orang yang melakukan sesuatu yang ekstrim buat menikmati hadirnya adrenalin. Ada yang terjun bebas dari Gedung pencakar langit, memanjat tebing terjal, mengarungi arus jeram, berselancar di salju gunung es, menyelam di kedalaman laut yang banyak dihuni ikan hiu ganas de el el. Nah, kami cukup melakukan kegiatan ringan untuk bisa mendapatkan sensasi yang more or less sama. Di HUT ke 26 SMADA kemarin kita naik panggung dan nge-band! He he he. Betapa tidak? Wong yang dihadepin para tamu dan siswa yang bisa jadi lebih jago bermusik ketimbang kita yang Cuma hobi dan punya secuil bakat ini. Eits, Yang penting kita sudah melakukan sesuatu yang semoga jadi contoh, syukur-syukur jadi ‘inspirasi’ buat siswa tentang berani mencoba unjuk gigi (baca: PEDE) dan menikmati apa yang dikerjakan. Adrenalin tak lagi membuat grogi.Adrenalin justru jadi asyik. Kalo para guru saja bisa kenapa para siswa enggak? Bukan buat gagah-gagahan atawa narsis semata. Momen ini juga jadi media untuk mempererat tali kebersamaan antar generasi. Semua ikut asyik, bersemangat dan bernyanyi… Hey, senangnya dalam hati…
Selengkapnya Coy ......

Senin, 02 November 2009

TUGAS TRANSLATION

This task is given to those who take Translation class with pa erwan in STAIN. Please do it individually right in the print out which can be downloaded here and should be submitted via email to erwan165@gmail.com before this Friday. thank you and good luck.
Selengkapnya Coy ......

Minggu, 01 November 2009

PNS oh PNS

Beginilah suasana yang terliat di depan loket layanan pembuatan dan legalisir kartu pencari kerja atau lebih dkenal sebagai kartu kuning, semua pada keringetan karena harus berdesakan untuk dilayani petugas. Semua tetep semangat. Menjelang penutupan tgl 4 Nop untuk penerimaan berkas CPNS provinsi serta kota, para pencaker tetap membludak, baik itu di kelurahan buat legalisir KTP, di Disnaker untuk buat kartu kuning, pun juga di kantor POS tempat mengirim berkas dan surat lamaran. Wajah-wajah itu begitu bersemangat dan penuh harap tahun ini bersih KKN. Sebagian ada juga yang bingung dan was-was. Maklum baru lulus sarjana dan pertama kali ikut tes. Hm... Profesi PNS tetep jadi idola. Ga yang di kota ga yang dari desa. Lapangan kerja masih tak seluas lapangan bola.. Selengkapnya Coy ......

Avatar anak BING rombel X SMADA yang manfaatin ICT: