About this blog: It consists of free articles and pictures based on erwan's recent interests only (most are related to education field) and the rest are about the ongoing issues. Some are taken and linked from the source sites while the others are of his own. FYI, the links (in the side bar) are also prepared due to the needs of his job; to encourage his students to learn English via internet, to provide them with helpful sources, and gadgets, and to communicate with them as well. However, visitors from worldwide are also welcome here. Please leave your comments in any space provided to make it better and better in the days to come. Belajar bahasa itu indah Thank you.

INFO GRESS!

Mulai tahun pelajaran 2013-2014 ini saya hijrah mengajar ke kelas XII IS 1, 2 dan 3. Buat bocah rombel X kemaren yang pernah belajar bareng saya dan masuk ke kelas diatas ' I just wanna say, Hey, It's you again! and you know what? as I told you all before, E-Primbon kalian di rombel X kemarin kudu diaktifkan kembali. Well? Any problem? It's never too late to start all over again. Saat bekerja telah tiba. Ayo Semangat!
Anyway, buat bocah rombel X yang baru gabung di SMADA Tahun ini masih boleh browsing dan unduh apa aja di blog ini atawa di blog rombel X RSBI. Raw material nya di sini ato di sana.
Terimakasih. I LOVE YOU ALL.

Senin, 13 Desember 2010

MASIH TENTANG NILAI SEMeSTER 1

Setelah mengolah, menimbang, mengingat, bersabar, berdoa dan seterusnya, Saya akhirnya mendapati score list berikutlah yang bakal masuk dalam perhitungan nilai anak rombel, selain tugas-tugas yang lain tentunya. Hanya saja yang patut menjadi catatan buat semester 2 adalah kudu dibuat tanda terima score list biar lebih mudah buat nge-kroscek. Mudah-mudahan hasil semester 1 ini menjadi pelajaran dan pengalaman berharga, betul? (ya eaalahh). Nah, biar gak Penasaran, silahkan baca aja...
Selengkapnya Coy ......

Minggu, 21 November 2010

Please Welcome the Bloggers ...

Biar kata orang masih 'tradisional' karena cuman ngeBLOG di blogspot yang gratisan, Semangat tetap harus menyala. Yang penting kan Niat nya, betul? Nah diniatin buat encouraging siswa rombel X5 - X8 buat senang belajar bahasa Inggris, maka mereka pun diwajib militerkan untuk membuat blog. Kontennya? sebanyak mungkin materi belajar yang bisa di unggah, diunduh maupun di link ke blog masing-masing. Walopun masih simpel namun usaha mereka patut di apresiasi. Dari Rombel X5 baru tiga blogger yang sudah hadir di dunia maya; ada Dio, Aldo dan Dewi NF, Rombel X7 baru mengutus Shindya dan Faizal. Sementara Rombel X8 berbondong-bondong: Yanti A, Dewita F, Lina R, Agra, Trithalia, Ollyfia, Daniel dan Adhitya Nugraha. Yang lain segera menyusul. Thank you guys buat Semangat dan kreatifitas nya. BTW, kemana blogger X6 ya? ayo buruan, ditunggu!
Selengkapnya Coy ......

Jumat, 19 November 2010

Sehari di Luwansa

Sesaat setelah Pa Guntur Talajan membuka dengan resmi kegiatan Workshop bertajuk 'Motivasi berkarya dan Pendayagunaan Internet di Era Digital' para peserta pun langsung di suguhi sajian unik dari Mas Rezky, sang hipnoterapis, guna mempersiapkan alam bawah sadar peserta untuk menyerap sebanyak mungkin materi yang diberikan kemudian (tentang pemanfaatan Blog dalam pembelajaran. seru juga. Materi berikutnya menyiapkan email sebelum mulai bikin2 blog. Terlihat ibu Marsaulina, begitu antusias mengutak-atik laptop. Ayo bu Semangat! biar anak muridnya ntar ikutan semangat.
Selengkapnya Coy ......

Selasa, 09 November 2010

Nge Blog lagee

Buat anak2 Rombel X5-X8, siap-siap buat nyelesein tugas bikin BLOG nya ya. Karena alamt blog sudah kudu dikumpul sebelum Ulangan akhir Semester 1. Posting nya ga sekedar materi semester 1 aja yang tinggal copy-paste, namun mesti dikasih pengantar with your own words. Try to make it more creative and cool. jangan lupa juga buat make atribut 'Read More' atau 'baca Selanjutnya' di tiap postingan. Next, pasang juga shoutmix or Shoutbox or sejenisnya buat ninggalin pesen saat saya berkunjung ntar. plus link blog temen2 sekelas. Oya, Besok kamis jangan lupa bawa script atau skrip hasil tayangan video per topik yang kemarin2 sudah dibuat untuk dikumpul. formatnya udah dijelaskan dikelas kan? sama brother Dedi jg udah kan? bagus.(bila masih ragu2 boleh konsul kok) OK, Semangat ya! I know you can do it.
Selengkapnya Coy ......

Kamis, 07 Oktober 2010

Have a Look!

Selengkapnya Coy ......

Minggu, 26 September 2010

Relaksasi

Geli! Itulah yg pertama kali saya rasakan begitu merendam kedua kaki ke dalam bak air. Gimana gak, berpuluh-puluh ikan garu.. Ah lupa namanya? Langsung kompak menggigit2 dengan mulut dan gigi2 nya yg kecil. Wah, unik juga metode relaksasi yg satu ini. Kendati harus merogoh kocek rp.25rb untuk 15 menit tak apalah. Pas kebetulan kaki rada pegel juga. Konon menurut pengelolanya, gigitan ikan2 ini selain memakan sel2 kulit yg sudah rusak juga merangsang titik2 pusat syaraf disekitar kaki gitu. Yg pasti krn kaki penat udah drendam trus digigit2in (baca: pijat) eh lumayan ringan dan berasa bersih aja jadinya. Penasaran? Coba aja ke palma kali aja masih ada. Selengkapnya Coy ......

Rabu, 22 September 2010

Info for my Translation Class

Morning guys, I'd like to give you the exercise 3 to do right now. You can get the material here Next, I want you to send the translation via email (everyone should have their own email) to: erwan165@gmail.com. The result should be in two forms (means two pages). First, the translation by translator (any kind of translating machine) and the second one is by yourselves (you revise it). You know what I mean. OK, I'll be waiting for your email till Saturday this week. Thank you and good luck.
Selengkapnya Coy ......

Kamis, 12 Agustus 2010

SANDWICHES OF THE MONTH

Selengkapnya Coy ......

Rabu, 28 Juli 2010

Daftar urut PRESENTASI smt 1 tp. 2010

1. Greeting 2. Invitation 3. Procedure text 4. Simple present tense 5. Giving instruction 6. Simpathy expression 7. Happiness expression 8. Narrative text 9. Simple past tense 10. Recount text 11. Announcement 12. Gaining attention 13. Advertisement 14. Appointment 15. Perfect tense 16. Vocabs: shapes & parts of body Selengkapnya Coy ......

Rabu, 26 Mei 2010

What a Day!

kejutan kecil yang manis. Secara gejala flu tadi pagi nyaris membuat tubuh ini enggan beranjak dari tempat tidur,untung saja suasana pagi yang cerah dan basah akhirnya mampu menyisipkan cukup energi untuk segera berbenah dan berangkat menuju sebuah kewajiban mulia di kelas pagi. Menyempatkan menyeruput teh manis hangat sesaat saya pun sudah meluncur disepanjang jalan menuju kantor. hari ini mestinya menjadi spesial. Tapi apa ya? Pelajaran pun berlangsung seperti biasa. Rame. Lab multi tampak 'sedikit' lebih bersih dari biasa. Ya iyalah wong ini ruangan biasanya nampak 'lusuh' dengan seabreg rama-rama yang menjuntai dan mengotori sebagian lantai. Alhamdulillah. Anak2 yang piket dan yang ga pun tetap semangat membersihkan ruangan. Nah, gitu dong. Baru namanya punya 'Sense of belonging' alias punya rasa memiliki. Hari ini kegiatan kita berlatih listening. Anak2 pun tekun menyimak. segala sesuatu berjalan normal sampai..
Sesaat sebelum kelas bubar, seperti dikomando, semua berdiri dan mulai bernyanyi: Happy birthday to you... Happy birthday to you.. Ah, saya jadi speechless. terimakasih my students untuk kejutan kecil yang menyenangkan ini. Pastinya Ahmad Dhani di MRC juga sedang meniup lilin ultah. What a day!
Selengkapnya Coy ......

Selasa, 11 Mei 2010

Telat = Rp. 2000,-

Sudah sejak beberapa bulan terakhir SMADA mempunyai ritual buat para siswa yang datang terlambat. Setelah sanksi ceramah ato hukuman bersih2 dirasa kurang memberi efek jera (baca: masih aja telat masuk sekolah), dikenakan lah sanksi membawa batako yg dirancang buat pembangunan ato perbaikan gedung dan ato sarana sekolah, yg kemudian atas dasar kepraktisan diganti dalam bentuk uang Rp. 2 ribu perak. Masih dalam proses evaluasi apakah cara ini ampuh mengobati penyakit kesiangan siswa.. Ato dijadikan Rp. 50rb sebagaimana bisik2 yg berkembang krn yah apalah arti Rp. 2 rb buat mereka yg mampu? Jangan sampai ini malah menjadikan mereka terbiasa 'membeli' sebuah disiplin.. Selengkapnya Coy ......

Jumat, 30 April 2010

Gitu donk

Ngenet alias maen internet? Kayae ga ada remaja yg ga tau. Bagus sih buat mereka menguasai tehnologi. Dari yg cuma maen game ato update status fb, Apalagi bisa bantu pelajaran di sekolah. Masalahnya kemudian muncul ketika Ngenet berobah jd kaya candu. Lupa waktu.. Kadang malah nyuri waktu. Pas jam nya belajar eh malah pada nongkrong di warnet. Ga perlu nyalahin siapa. Tempelin aja stiker kaya gini. Gampang kan? Iya. Bila warnet ikut komit ngikutin apa yg tertulis di stiker. Iya. Bila sekolah juga ngejaga jgn sampe ada siswa yg bolos. Dan iya, bila ortu ikut jg berperan aktif. Ok, Ngenet lah yang sehat. Selengkapnya Coy ......

Selasa, 27 April 2010

Mandi Hujan Kelulusan

Ah, ada-ada aja bocah2 kelas XII ini. Sudah diantisipasi wajib pake baju bebas rapi biar ga corat coret baju pasca pengumuman kelulusan, eh malah tu baju seragam dmasukin rapi di tas terus dkeluarin buat corat coret juga. Wah? Udah gitu hujan pun turun selebat2nya. Mungkin langit ikut bersedih bareng yg belum Lulus. Yang Lulus? Langsung maen hujan! Liat aja aksi mereka di halaman. Yg junior cuman bisa menonton diselasar sambil membatin mgkn? Tunggu giliran kami ntar! Selengkapnya Coy ......

Sabtu, 20 Maret 2010

JELANG UN: SAYANGI HATI ANDA

Jelang UN, tidak sedikit remaja (baca: pelajar) mulai terkena wabah stress. Pola makan terganggu, waktu istirahat tak cukup, konsentrasi lebih-lebih jadi susah di dapat. Nah, waspadai gejala tak sehat yang bisa mengarah ke gangguan fungsi hati. Secara, hati adalah organ yang sangat vital kan? Kalo sakit jadi ga bisa ikut UN,kan? Jadi sia-sia perjuangan selama ini, toh? Seperti dilansir dari buzzle, Sabtu (20/3/2010), orang yang memiliki hati tak sehat atau kotor menunjukkan gejala-gejala seperti berikut: 1. Terdapat lingkaran gelap di bawah mata 2. Buang air besar tidak teratur, biasanya tidak setiap hari 3. Terjadi masalah pada kulit, seperti kulit kering, gatal, eksim, jerawat, psoriasis, dan lainnya 4. Perut kembung, penuh gas dan terjadi gangguan percernaan setelah makan 5. Menimbulkan bau badan dan mulut yang tidak enak 6. Merasa lelah, lemah, lesu dan depresi 7. Perut buncit. Oya, ada cara jitu mengatasi masalah ini lho..
lebih lanjut baca di detik health
Selengkapnya Coy ......

Kamis, 18 Maret 2010

Doa Bersama

Pagi ini, kamis 18 maret 2010, 3 hari menjelang hari H, para siswa kelas XII beserta kasek dan guru-guru menggelar acara doa bersama di lap. Sekolah. Dengan penuh khidmat semua menundukkan kepala, memohon kepada sang Khalik demi suksesnya menghadapi UN tahun ini. Setelah berupaya mempersiapkan diri dg belajar dan belajar, berdoa adalah wajib adanya. Kendati urusan Hasil ntar Tuhan yg menentukan, kita tetap wajib berikhtiar, bukan? Jangan berkecil hati. Ayo semangat anak-anak Smada! Kalian pasti bisa! Selengkapnya Coy ......

Sabtu, 06 Maret 2010

3 Bulanan

Alhamdulillah, akhirnya jarum suntik transfusi pun dilepas. Setelah bekas tusukan jarum dibersihkan dgn kapas beralkohol dan diplester, acara donor darah pun selesai. Selesai? Sebentar dulu kata mba petugas. Saya pun kemudian dkasih vitamin dan minuman. Hm, senangnya bisa melakukan sesuatu yg berguna seperti ini. Walopun ini baru yang ketiga kalinya, tapi saya merasa begitu excited. Semoga setiap 3 bulan, saya diberi kesehatan untuk terus bisa menyumbang sedikit kebaikan ini. Selengkapnya Coy ......

Kamis, 18 Februari 2010

Foto Bareng

Buat kenang-kenangan, maka berfoto bareng lah para grand finalis lomba debat bahasa Inggris tingkat SMADA angkatan I tahun 2010 bersama timers dan para Juri. Selamat ya buat para pemenang! Selengkapnya Coy ......

Minggu, 14 Februari 2010

A visit to BCU

Days ago, ibu Marsaulina, ibu Siti J, pa Pathur and I paid a visit to Bina Cita Utama at Rungan Sari. We met ibu Rashidah and had a further talk with her about the possibilities of getting a volunteer for our school in the near future. It was nice to get ideas and support from her to finish the proposal. It was a very kind of her. However, she said that we have to wait for the result of our proposal from the Austraining then. Whether it would pass or not, we were excited already. She told us alot. Besides, She even thought if we might have a sister school one day. Hm, why not? Let's just hope for the best. Selengkapnya Coy ......

Selasa, 09 Februari 2010

Daftar Urut Presentasi (...)

1. GRATITUDE,COMPLIMENT & CONGRATULATION (1) 2. SURPRISES & DISBELIEFS (3) 3. INVITATION (WRITTEN) (11) 4. ASKING FOR INFORMATION (18) 5. NARRATIVE TEXT (12) 6. MODALS IN THE PAST FORM (16) 7. DIRECT & INDIRECT SPEECH (4) 8. DESCRIPTIVE TEXT (9) 9. INTRODUCTORY IT (7) 10. NEWS ITEM (6) 11. FINITE VERBS (13) 12. NOUN PHRASES (8) 13. SIMPLE FUTURE (2) 14. OFFERING (10) 15. ASKING IF SOMEONE REMEMBERS OR NOT (17) 16. PASSIVE VOICE (5) 17. VOCABULARY AROUND THE HOUSE (14) 18. PREPOSITION IN, ON, AND AT (15)
Selengkapnya Coy ......

Senin, 08 Februari 2010

Belajar Debat

Dalam rangka meningkatkan dan memperkaya keterampilan siswa berbahasa Inggris, maka pihak sekolah pun menyelenggarakan program pembinaan dan juga lomba debat bahasa Inggris internal yang kemudian diharap akan mampu memunculkan siswa-siswi berkompeten dan tangguh untuk kelak diikutsertakan dalam lomba debat bahasa Inggris tingkat SMA baik dilingkup kota, provinsi maupun skala nasional. Guru-guru lokal yang punya potensi pun diberdayakan guna membimbing dan menyeleksi potensi para siswa. Ayo semangat! Go SMADA Go! Selengkapnya Coy ......

Sabtu, 06 Februari 2010

Mobil Pintar

Hari ini SMADA Paray kedatangan mobil pintar (dgn 6 unit komputer dan koneksi internet) dari depkominfo yang sengaja berkunjung ke sekolah-sekolah di propinsi Kalteng. Hanya sayang, mobil bantuan dari pusat ini cuma 1 unit. Koneksinya pun masih pake ..., Jadi rasanya msh sangat kurang banyak dan kurang cepat. Terlebih untuk mengcover wilayah Kalteng yg begitu luas. Di era komunikasi sekarang, kebutuhan akan info tergres dan cepat begitu terasa di keseharian. Internet menjadi hal yang lumrah. Maka keberadaan hotspot dirasa perlu adanya d banyak tempat. Kapan ya? Selengkapnya Coy ......

Rabu, 03 Februari 2010

Hasil Polling Ujian Nasional

Ujian nasional. Ramai dibicarakan. Guna berpartisipasi untuk negeri, saya pun coba bikin polling sederhana untuk para siswa. Berdasarkan polling pendapat perihal pendapat siswa tentang perlu tidaknya UN, didapati aangka 9% yang menyatakan setuju diteruskan karena UN dianggap mampu menjaga mutu pendidikan di Indonesia. Senada dengan komentar para pejabat berwenang yang kerap dinyatakan di media bahwa UN adalah instrumen penting yang dipakai untuk standardisasi pendidikan secara nasional. Selain itu, UN juga dimaksudkan untuk mengeliminir adanya kesenjangan standar antar satuan pendidikan baik di dalam suatu daerah tertentu, maupun antar satu daerah dengan daerah yang lain. Kembali ke hasil polling. Berikutnya didapat angka cukup besar, sekitar 51 % dari para siswa yang memilih opsi UN boleh saja diteruskan, Cuma, bukan satu-satunya cara penilaian untuk menentukan lulus tidaknya siswa. Hal ini senada dengan statement beberapa pengamat pendidikan yang menyatakan pentingnya hasil proses belajar di sekolah selama 3 tahun (SMA) untuk turut menentukan kelulusan siswa sehingga sejatinya proses pendidikan para siswa menjadi lebih bermakna. Bukankah para guru di sekolah yang lebih tau dan mengerti kemampuan para muridnya sendiri? Hal menarik untuk dicermati lain adalah adanya beberapa pendapat pengamat yang menyebut banyak satuan pendidikan atau sekolah yang hanya berorientasi ke UN, sehingga proses belajar yang meliputi banyak mata pelajaran selain yang di UN kan terganggu dan menjadi ‘anak tiri’. Dan yang paling parah dan tak sesuai dengan cita-cita ‘Mencerdaskan kehidupan bangsa..’ adalah adanya upaya-upaya curang yang kian menyubur baik itu dari tingkat oknum siswa, guru, kepala sekolah, kepala dinas, kepala daerah dst demi tercapainya tingkat kelulusan 100% sehingga menjadi cermin keberhasilan sebuah pembangunan daerah. Wah? Pendidikan berubah makna dari sebuah proses menjadi hasil akhir semata. Harus dicari solusi cerdas atas masalah ini. Selanjutnya, hasil polling menunjukkan angka cukup besar, yakni 30 % siswa memilih opsi ‘mending UN ditiadakan saja karena Cuma menghabiskan duit. Lebih baik dana UN dijadikan tambahan beasiswa saja.’ Kebayang berapa dana yang dipakai untuk menggelar sebuah Ujian Nasional. Negara menjadi ‘boros’. Bukankah masih banyak bangunan sekolah yang rusak di pelosok negeri? Bukankah masih banyak anak-anak yang putus sekolah atau bahkan tidak mampu bersekolah sama sekali karena tak ada uang? Nah dana UN dijadikan beasiswa saja buat mereka yang membutuhkan. Lagi-lagi harus dengan pengawasan ketat tentunya. Hm.. ironis ya. Ada yang salah dengan sistem pendidikan kita? Tapi kita tetep aja harus optimis kan? Kendati tetap ada 10% yang skeptis dengan memilih opsi ‘maaf, no komen. Cape deh’. Semoga para pembuat kebijakan menjadi lebih semangat, arif dan bijaksana dalam menyikapi masalah ini.
Selengkapnya Coy ......

Senin, 01 Februari 2010

Konsultasi

Sebenernya udah lama kegiatan ini siswa lakukan namun baru sekarang sempet didokumentasi ke blog. Peran guru sebagai fasilitator dan motivator bener2 terasa disini. Siswa sengaja dikondisikan untuk lebih mandiri dlm proses belajar. Tak hanya di ruang kelas ato bimbel siswa berkomunikasi dg guru, mereka bahkan beranjangsana ke rumah untuk berkonsultasi. Tentu setelah bikin apoinmen dahulu. Biasanya Persiapan utk presentasi maupun perform. Tidak jarang bahkan bertanya jawab ttg pelajaran yg telah lewat. Semoga semangat mereka ini membawa banyak manfaat.amin Selengkapnya Coy ......

Jumat, 29 Januari 2010

INFO GRESS

Info buat RX-2, kel. Presentasi utk topik simple future, selanjutnya topik direct speech. Perform drama kel. Anggia cs, News kel. Ditinia cs. Buat RX-3, topikny Direct.. Kel. Rolla cs. Selanjutnya topik passive voice siap2 kel. Nizam. Perform news te2p kel. Taufan, drama kel. Dody elba. Buat RX-4, Presentasi kel. Emeral, selanjutnya topik Passive voice..kel. Nandi cs. Perform news kel. Arisa cs, drama tetep kel. Emeral. FYI, kita dahulukan presentasi baru perfomance. Understand guys? Good. Get ready then. Selengkapnya Coy ......

Selasa, 26 Januari 2010

Three Little Pigs

Selalu heboh. Hm.. Biar gitu kreatifitas bocah2 rombel X3 ini patut diacungi jempol. Ya pemeran utamanya, srigala dan si 3 bebi kecil, narator n operatornya, suporting aktrisnya, smp figuran dan kameramen.eh kameragirl. Seperti layaknya tampilan perdana.. Aga ribet memang. But it's Ok. Even it can hopefully be another good lesson 4 the rest to be better next time. Persis saat cerita rampung, listrik pun padam! Listrik, listrik. Bisa aja.. Selengkapnya Coy ......

Minggu, 10 Januari 2010

BRIEF MATERIALS for SEMESTER 2

Morning guys. Due to the problem which occurred during the upload, I'd like to suggest u to get some of the materials here. or you can find it somewhere else. Books and sites are also useful I believe. Well, we can still discuss it, can't we? However, I m still trying to upload em anyway.
Selengkapnya Coy ......

Avatar anak BING rombel X SMADA yang manfaatin ICT: