About this blog: It consists of free articles and pictures based on erwan's recent interests only (most are related to education field) and the rest are about the ongoing issues. Some are taken and linked from the source sites while the others are of his own. FYI, the links (in the side bar) are also prepared due to the needs of his job; to encourage his students to learn English via internet, to provide them with helpful sources, and gadgets, and to communicate with them as well. However, visitors from worldwide are also welcome here. Please leave your comments in any space provided to make it better and better in the days to come. Belajar bahasa itu indah Thank you.

INFO GRESS!

Mulai tahun pelajaran 2013-2014 ini saya hijrah mengajar ke kelas XII IS 1, 2 dan 3. Buat bocah rombel X kemaren yang pernah belajar bareng saya dan masuk ke kelas diatas ' I just wanna say, Hey, It's you again! and you know what? as I told you all before, E-Primbon kalian di rombel X kemarin kudu diaktifkan kembali. Well? Any problem? It's never too late to start all over again. Saat bekerja telah tiba. Ayo Semangat!
Anyway, buat bocah rombel X yang baru gabung di SMADA Tahun ini masih boleh browsing dan unduh apa aja di blog ini atawa di blog rombel X RSBI. Raw material nya di sini ato di sana.
Terimakasih. I LOVE YOU ALL.

Senin, 12 Oktober 2009

ICT dan Bahasa Inggris: Syarat Utama Kompetensi Kepala Sekolah dan Wakilnya

Untuk jadi salah satu bahan renungan buat para siswa tentang pentingnya penguasaan bahasa Inggris dan ICT. Pedoman Penyelenggaraan Rintisan SMA Bertaraf Internasional mengamanatkan bahwa 9 (sembilan) kompetensi kepala sekolah (dan wakil-wakilnya), yaitu 1) memiliki kualifikasi akademik minimal S-2 dari perguruan tinggi yang program studinya berakreditasi A, 2) telah mengikuti pelatihan kepala sekolah dari lembaga pelatihan kepala sekolah yang diakui oleh pemerintah, 3) memiliki kemampuan manajemen berbasis sekolah 4) memiliki jiwa kepemimpinan visioner dan situasional, 5) memiliki jiwa entrepreneurship, 6) mampu membangun jejaring internasional, 7) mampu berkomunikasi dalam bahasa Inggris secara efektif (TOEFL>500), 8) mampu menggunakan TIK, dan 9) memiliki pengalaman kerja sebagai kepala sekolah minimal lima tahun. Dari sembilan kompetensi tersebut, yang sangat mendukung kepada meningkatkan daya saing global adalah kompetensi nomor 6, 7, dan 8 yaitu mampu membangun jejaring internasional (networking), kompetensi ini hanya bisa terwujud apabila seorang kepala sekolah (dan wakil-wakilnya) mampu berkomunikasi dalam bahasa inggris secara efektif (kompetensi no. 7), dan menguasai ICT dengan baik (kompetensi no 8).

Dengan demikian, kepada para pengambil kebijakan khususnya yang berwewenang mengangkat kepala sekolah, dan kepala sekolah dan warga sekolah yang berwewenang memilih dan mengangkat wakil kepala sekolah, katakanlah dan laksanakan bahwa “tiada tempat untuk kepala sekolah dan wakil-wakil kepala sekolah yang buta bahasa inggris dan TIK”. Atau dengan sadar diri bagi kepala sekolah dan wakil-wakilnya yang buta huruf terhadap dua kompetensi tersebut (bahasa inggris dan TIK) untuk rela meningkatkan kompetensinya atau menyingkir dari kursi pengelola sekolah. artikel diambil dari situs PSB-PSMA.org

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

any opinion?

Avatar anak BING rombel X SMADA yang manfaatin ICT: