About this blog: It consists of free articles and pictures based on erwan's recent interests only (most are related to education field) and the rest are about the ongoing issues. Some are taken and linked from the source sites while the others are of his own. FYI, the links (in the side bar) are also prepared due to the needs of his job; to encourage his students to learn English via internet, to provide them with helpful sources, and gadgets, and to communicate with them as well. However, visitors from worldwide are also welcome here. Please leave your comments in any space provided to make it better and better in the days to come. Belajar bahasa itu indah Thank you.

INFO GRESS!

Mulai tahun pelajaran 2013-2014 ini saya hijrah mengajar ke kelas XII IS 1, 2 dan 3. Buat bocah rombel X kemaren yang pernah belajar bareng saya dan masuk ke kelas diatas ' I just wanna say, Hey, It's you again! and you know what? as I told you all before, E-Primbon kalian di rombel X kemarin kudu diaktifkan kembali. Well? Any problem? It's never too late to start all over again. Saat bekerja telah tiba. Ayo Semangat!
Anyway, buat bocah rombel X yang baru gabung di SMADA Tahun ini masih boleh browsing dan unduh apa aja di blog ini atawa di blog rombel X RSBI. Raw material nya di sini ato di sana.
Terimakasih. I LOVE YOU ALL.

Jumat, 21 Agustus 2009

Kreatifitas

Menurut Kamus Besar bahasa Indonesia, kreatifitas berarti kemampuan untuk mencipta; daya cipta; 2 perihal berkreasi; kekreatifan. Sementara Wikipedia mengatakan bahwa kreatifitas adalah proses mental yang melibatkan pemunculan gagasan atau konsep baru, atau hubungan baru antara gagasan dan konsep yang sudah ada.Dari sudut pandang keilmuan, hasil dari pemikiran kreatif (kadang disebut pemikiran divergen) biasanya dianggap memiliki keaslian dan kepantasan. Sebagai alternatif, konsepsi sehari-hari dari kreativitas adalah tindakan membuat sesuatu yang baru. Kreatif yang bernilai positif sejatinya dapat dengan mudah kita lakukan. Yang paling utama adalah kita harus tahu ilmunya dulu. yang pasti jangan malas! Ibarat pisau Kreativitas itu adalah sesuatu yang perlu diasah agar tidak tumpul, tidak sekedar mengandalkan pada bakat saja. Orang yang berbakat tapi malas (tidak pernah mengasah) tidak akan berhasil, tapi orang yang tidak berbakat tapi tekun mengasah kreativitasnya, pasti akan maju. Lakukan saja kemudian perhatikan apa yang terjadi ( Kaya Mario teguh..)

kreativitas kadang membutuhkan gerak fisik yang banyak, misalnya saat mengisi waktu dengan mengecat pagar, mengolah bahan daur ulang untuk dibuat kerajinan tangan dan sebagainya. Jangan lupa, kreatif itu bukan hanya mencipta sesuatu yang baru, mendayagunakan waktu kita untuk sesuatu yang lebih berguna juga bisa dikategorikan hal yang kreatif. Misalnya daripada sekedar nongkrong di pinggir trotoar bundaran besar ngeliatin orang wira-wiri, kenapa gak melakukan kegiatan-kegiatan yang positif seperti hal-hal tadi? Membaca dan menulispun bisa jadi sesuatu yang kreatif kalau kita sungguh-sungguh. Karena dengan membaca dan menulis sejatinya kita tengah kreatif menambah dan mengasah wawasan dan pengetahuan yang sudah ada di kepala. Beberapa hal yang dianggap menghambat munculnya kreatifitas, a.l adalah: Kebiasaan,Waktu,Dibanjiri Masalah,Tidak Ada Masalah,Takut Gagal,Kegiatan Mental yang Sulit Diarahkan,Takut Bersenang-senang,dan Kritik Orang Lain: BAGAIMANA MEMUNCULKAN GAGASAN KREATIF? Ada beberapa yang patut dicoba, diantaranya: Kuantitas Gagasan,Perbanyaklah pemunculan gagasan di kepala. Jangan buru-buru puas dengan hanya satu gagasan saja. Teknik Brainstorming, kegiatan yang mencoba memunculkan gagasan untuk memecahkan masalah. Mengatasi hambatan dan kritik. Sinektik, Semacam kegiatan yang merubah sebuah gagasan yang terdengar 'asing' menjadi lebih 'akrab' untuk dikerjakan atau sebaliknya. Memfokuskan Tujuan.Proses pengulangan untuk bisa memfokuskan diri terhadap suatu gagasan. Suatu metode yang menggunakan imajinasi tentang apa yang kita inginkan besok, telah terjadi saat ini. Sehingga mengarahkan pikiran untuk berpusat kepada tujuan. Nah, semoga kumpulan tulisan ni ada manfaatnya. Mulai sekarang kreatiflah! references: http://pusatbahasa.diknas.go.id/kbbi/index.php http://www.kapanlagi.com/a/tips-jitu-asah-kreativitas.html http://id.wikipedia.org/wiki/Kreativitas

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

any opinion?

Avatar anak BING rombel X SMADA yang manfaatin ICT: